Saturday, July 18, 2020

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Harus Dipijat

Nyeri pinggang dapat terjadi karena duduk terlalu lama, membungkuk, atau masalah pada saraf dan tulang. Nyeri pinggang dapat diatasi tanpa harus dipijat.

Male torso seen from behind.

Myrenew22 - Nyeri pinggang merupakan kondisi yang umum dialami setiap orang. Nyeri pinggang dapat terjadi karena duduk terlalu lama, banyak membungkuk, atau masalah pada saraf dan tulang. 

Nyeri pinggang dapat diatasi dengan sejumlah cara, tanpa harus dipijat.
Nyeri pinggang adalah rasa sakit yang berasal dari bagian pinggang yaitu pada area tulang rusuk paling bawah hingga tulang pinggul.

"Nyeri pinggang itu penyakit umum. Nyeri pinggang ini merupakan masalah yang sering dialami di klinik kami, 70-80 persen pasien datang dengan keluhan nyeri pinggang," kata dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi Muki Partono dalam webinar RS Pondok Indah Group, beberapa waktu lalu.

Muki menjelaskan penanganan pertama nyeri pinggang dapat dilakukan dengan sejumlah cara. 

Berikut cara mengatasi nyeri pinggang tanpa harus dipijat.

RajabandarQ: Situs Bandarq, DominoQQ, Poker Online


1. Tidur terlentang di alas keras


RajabandarQ - Muki menyarankan jika nyeri pinggang muncul cobalah untuk tidur terlentang di alas keras, seperti di lantai. Tidur berbaring di alas yang keras dapat meluruskan tulang dan postur, sehingga nyeri dapat hilang dengan sendirinya. Tidur terlentang juga mengurangi beban pada pinggang.

"Dengan alas yang keras makan memaksa tulang belakang ada dalam yang lurus. Kalau tidak keras, tulang tidak beristirahat," ucap Muki.

2. Meletakkan bantal di bawah lutut


Jika tidur terlentang di alas keras justru menambah rasa sakit, maka dapat disiasati dengan meletakkan bantal di bawah lutut.

"Ada beberapa low back pain yang justru makin sakit tidur terlentang di alas yang keras. Kalau itu terjadi, lakukan penekukan pada lutut atau letakkan bantal di bawah lutut," tutur Muki.

3. Tidur miring ke sisi yang tidak sakit


Nyeri pinggang dapat terjadi pada salah satu sisi hingga ke kaki. Cobalah untuk tidur miring pada sisi yang tidak sakit. Situs BandarQ

4. Menggunakan korset


Mengatasi nyeri pinggang juga dapat dilakukan dengan menyangga bagian perut dan pinggul dengan memakai korset. Korset dapat mengembalikan posisi tulang ke tempat asalnya.

"Bisa pakai korset lumbal, bagi yang pria juga tidak masalah pakai korset istrinya, korset setelah melahirkan misalnya," ujar Muki.

5. Berenang


Aktivitas berenang rutin 2-3 kali seminggu juga dapat meredakan nyeri pinggang. Berenang membantu membentuk postur tubuh dengan baik. PROAKUN


Rasa sakit yang tidak tertahankan pada nyeri pinggang juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi obat analgetik, lalu istirahat yang cukup dan mengurangi beban berat pada pinggang. 

Jika sakit berlanjut segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat.

Baca Juga - 5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


 RAJABANDARQ

Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com