Tuesday, February 20, 2024

7 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Makan Rutin yuk!

  renew22- Manggis merupakan buah tropis dengan nilai gizi tinggi dan banyak ditemukan di Indonesia. Dengan perpaduan rasa manis dan asam yang pas, buah manggis menjadi salah satu buah favorit perempuan hamil.Buah manggis aman dikonsumsi selama kehamilan. Kandungan nutrisi dalam buah ini, seperti mineral, vitamin, dan folat, mendorong perkembangan janin sekaligus melindungi kesehatan ibu hamil.Jadi, disarankan untuk makan manggis saat hamil. Namun, hindari penggunaan obat atau olahan yang mengandung kulit manggis karena dapat memengaruhi janin.

Berikut ini daftar manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

RAJABANDARQ

1. Bernutrisi tinggi

Manggis memiliki kalori yang rendah, tetapi menawarkan segudang nutrisi penting. Dilansir FoodData Central, satu cangkir manggis tanpa kulit (196 gram) menawarkan:


* 143 kalori.

* 35 gram karbohidrat.

* 3,5 gram serat.

* 1 gram lemak

* 1 gram protein.

* 6 persen kebutuhan harian vitamin C.

* 15 persen kebutuhan harian vitamin B9 

* 9 persen kebutuhan harian vitamin B1. 

* 8 persen kebutuhan harian vitamin B2

* 9 persen kebutuhan harian mangan

* 15 persen kebutuhan harian tembaga

* 6 persen kebutuhan harian magnesium.

MAIN DAN DAFTAR

2. Mengurangi risiko cacat lahir pada janin



Manggis mengandung folat dalam jumlah yang baik. Dalam satu cangkir manggis, terdapat 61 mikrogram folat, dikutip dari laman Mom Junction.Folat adalah nutrisi yang berperan penting dalam mencegah risiko berkembangnya kelainan dan cacat lahir tertentu pada bayi, seperti cacat lahir otak dan tulang belakang. Jadi, mengonsumsi manggis saat hamil akan membantu melindungi janin dari risiko kelainan.

SITUS TERBAIK

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manggis mengandung serat dan vitamin C yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.Serat mendukung bakteri usus yang sehat.Vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel kekebalan tubuh dan memiliki sifat antioksidan. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, yang meningkatkan elastisitas kulit untuk membantu mengakomodasi pertumbuhan janin dengan mudah selama kehamilan.Studi menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung manggis mengalami penurunan penanda peradangan dan peningkatan jumlah sel kekebalan tubuh yang sehat secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo (Journal of Medicinal Food, 2009).Sistem kekebalan membutuhkan banyak nutrisi berbeda agar dapat berfungsi secara optimal. Jadi, manggis perlu dikombinasikan bersama makanan padat nutrisi lainnya untuk membantu meningkatkan sistem imun.


4. Mendukung manajemen gula darah

Perempuan hamil rentan mengalami diabetes gestasional, terutama mereka yang memiliki berat badan berlebih sejak sebelum kehamilan.Baik penelitian pada tabung reaksi maupun uji coba pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa xanthone dalam manggis dapat membantumu menjaga kadar gula darah yang sehat.Sebuah penelitian selama 26 minggu menemukan bahwa perempuan obesitas yang menerima 400 mg ekstrak manggis tambahan setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan (Nutrients, 2018).Perlu dicatat bahwa ekstrak manggis memiliki dosis antioksidan yang lebih terkonsentrasi, dan buah tersebut perlu dimakan dalam jumlah besar untuk mendapatkan hasil yang serupa. Ibu hamil harus berhati-hati saat mengonsumsi suplemen apa pun.


5. Mendorong pertumbuhan janin

Manggis kaya akan mangan yang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk proses pembentukan tulang rawan dan sistem kerangka pada janin. Jadi, buah ini membantu meningkatkan pertumbuhan janin.Satu cangkir jus manggis segar dapat menyediakan sekitar 0,2 mg mangan. Ditambah, kandungan antioksidan dalam manggis melindungi ibu hamil dan janin dari kerusakan sel.


6. Mengobati sembelit

Sembelit adalah masalah yang dialami sebagian besar perempuan selama kehamilan. Untungnya, mengonsumsi manggis segar dapat membantu menurunkan risiko sembelit selama kehamilan.Menurut FoodData Central, satu cangkir manggis menyediakan sekitar 3,5 gram serat, yang membantu melancarkan buang air besar.Serat juga membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia.


7. Mengatasi anemia

Perempuan hamil rentan mengalami anemia, yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan calon bayi. Dijelaskan dalam laman ParentingHealthyBabies.com, manggis merangsang aliran darah, meningkatkan sel darah merah, dan mencegah anemia pada ibu hamil. Dengan melebarkan pembuluh darah, manggis meningkatkan aliran darah. Hal ini membantu melindungi perempuan hamil dari penyakit kronis, seperti kolesterol tinggi, nyeri dada, aterosklerosis, dan kemacetan jantung. Ketika aliran darah ke mata meningkat, ini membantu perempuan terhindar dari katarak dan meningkatkan penglihatan secara keseluruhan.Jika kamu sedang hamil, cobalah mengonsumsi manggis beberapa kali seminggu. Namun, sebelumnya, tanyakan dulu kepada dokter untuk memastikan kamu bisa mengonsumsi manggis dengan aman. Juga, pilihlah buah manggis segar alih-alih suplemen manggis.KLIK DISINI



Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com