Friday, July 17, 2020

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk menyembuhkan luka pada permukaan kulit, lidah buaya punya beragam manfaat lainnya untuk kesehatan.

Ilustrasi Lidah Buaya

Myrenew22 - Sudah sejak lama lidah buaya dikenal akan manfaatnya untuk kulit. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tapi lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh.

Lidah buaya atau Aloe barbadensis dikenal sebagai salah satu jenis tanaman sukulen yang memiliki sejarah panjang untuk tujuan pengobatan.

Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan, mengutip berbagai sumber.

RajabandarQ: Situs Bandarq, DominoQQ, Poker Online


1. Menurunkan gula darah


Mengutip RajabandarQ, sebuah studi yang diterbitkan di Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy menemukan, jus lidah buaya bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Dengan 2 sdm jus lidah buaya per hari, kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2 akan turun. Temuan ini diperkuat dengan studi berikutnya yang memanfaatkan ekstrak lidah buaya.


Namun, orang dengan diabetes yang mengonsumsi obat penurun gula darah sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan lidah buaya. Konsumsi obat bersamaan dengan jus lidah buaya bisa membuat gula darah menurun drastis.

2. Laksatif alami


Lidah buaya juga bermanfaat buat pencernaan, khususnya sebagai laksatif atau pencahar alami. Sebuah penelitian pada tikus menemukan, gel lidah buaya mampu meredakan sembelit.

Mengutip Everyday Health, aloin disebut-sebut sebagai zat yang bertanggung jawab dalam meredakan sembelit. Aloin terdapat pada lateks lidah buaya atau lapisan berwarna kuning di luar gel.


Mayo Clinic menyarankan untuk menggunakannya dalam dosis kecil, sekitar 0,04-0,17 gram.

Intestines with Gut Bacteria on Blackboard

Namun, orang yang menderita penyakit radang usus kronis, kolitis, dan wasir tidak disarankan untuk mengonsumsi lidah buaya. Konsumsi lidah buaya akan menimbulkan kram perut parah dan diare.

Selain itu, orang yang terbiasa mengonsumsi obat pencernaan juga disarankan untuk tidak mengonsumsi lidah buaya karena bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap manfaat obat. Situs BandarQ

3. Menenangkan kulit dari luka bakar


Manfaat lidah buaya untuk kulit telah diketahui sejak lama. Lidah buaya digunakan untuk mengatasi luka, khususnya kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Manfaat lidah buaya satu ini berasal dari kandungan antioksidan yang disebut polifenol. Mengutip Medical News Today, polifenol dan komponen lain pada lidah buaya membantu mencegah pertumbuhan bakteri sehingga membantu penyembuhan luka.

4. Meredam heartburn


Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) kerap menimbulkan heartburn atau sensasi terbakar di belakang tulang dada yang umumnya muncul saat tubuh berbaring atau membungkuk. Konsumsi lidah buaya terbukti dapat meredakan heartburn.


Sebuah tinjauan pada 2010 menyebut, konsumsi 28-84 gram gel lidah buaya saat jam makan mampu mengurangi keparahan gejala GERD termasuk heartburn. Selain GERD, lidah buaya pun memiliki manfaat buat masalah pencernaan lain seperti konstipasi. PROAKUN

5. Membantu mengatasi jerawat


Mengaplikasikan lidah buaya segar pada kulit mampu membersihkan jerawat. Mengutip Healthline, studi kecil pada 2014 menemukan krim pengobatan jerawat yang dipadu dengan gel lidah buaya terbukti lebih efektif mengatasi jerawat.5. Bantu atasi jerawat


Tak hanya jerawat, manfaat lidah buaya buat kulit pun bisa Anda lihat dari kemampuannya mengurangi kerut dan garis halus di wajah. Studi pada 2009 terhadap 30 perempuan berusia di atas 45 tahun menemukan, konsumsi lidah buaya bisa meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit lebih elastis.

Baca Juga - Kenali Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari


 RAJABANDARQ

Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com