Monday, May 18, 2020

7 Manfaat Buah Mangga, Baik Untuk Rambut Juga Lho

Buah mangga jadi favorit, apa sih nutrisinya?

7 Manfaat Buah Mangga, Baik untuk Rambut Juga Lho

Myrenew22 - Rasa manis pada buah mangga disukai banyak orang khususnya pada hidangan rujak, mangga menjadi favorit.

Penyuka mangga mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, karena banyak kandungan di dalam mangga yang menyehatkan.

RajabandarQ: Situs Bandarq, DominoQQ, Poker Online


Nutrisi yang terkandung dalam mangga :


100 kalori1 gram protein0,5 gram lemak25 gram karbohidrat (24 gram gula dan 3 gram serat)100 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C35 persen vitamin A20 persen folat10 persen vitamin B-68 persen vitamin K dan kaliumBuah asam manis ini juga mengandung tembaga (copper), kalsium, zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan betakaroten.


Manfaat nutrisi di atas baik untuk menjaga kesehatan sebagai berikut dilansir RajabandarQ

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit


Dalam sebuah penelitian pada hewan, kekurangan vitamin A berisiko mengalami kerontokan rambut yang cukup parah.

Ini karena vitamin A merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan jaringan epitel yang ada di kulit dan rambut agar menjaga keduanya tetap lembap dan sehat.

Ini karena vitamin A merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan jaringan epitel yang ada di kulit dan rambut agar menjaga keduanya tetap lembap dan sehat.

Selain itu, makan seporsi buah kuning juga dapat memenuhi sekitar 75% asupan vitamin C harian tubuh.


Kombinasi vitamin A dan C diperlukan tubuh untuk menghasilkan kolagen. Kolagen adalah protein khusus yang memberikan serta menjaga elastisitas kulit guna mencegah kulit berkeriput dan mengendur sebelum waktunya.

2. Menurunkan tekanan darah


Makan makanan manis sering menjadi penyebab gula darah naik. Namun setelah tim peneliti Oklahoma State University mengamati efek buah mangga pada orang dengan berat badan berlebih, kadar gula darah mereka menurun cukup drastis dibanding waktu sebelum ikut penelitian.

Para partisipan ini diminta untuk rutin makan 10 gram mangga kering setiap hari, yang kadar gulanya setara dengan sekitar setengah mangga segar.


Penurunan kadar gula darah ini diduga menjadi efek dari senyawa aktif dan antioksidan khusus dalam buah tersebut.

3. Menjaga kesehatan mata


Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam buah mangga. Keduanya dilaporkan dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata.


Fungsi retina dan lensa mata yang berjalan baik dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, mengurangi efek silau mata yang tidak nyaman, serta mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih sehabis melihat cahaya terang.

4. Mencegah kanker


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Texas AgriLife Research diketahui bahwa ekstrak polifenol mangga dapat mencegah perkembangan sel kanker pada usus besar, payudara, paru-paru, leukemia, dan jaringan prostat. Buah ini terbukti paling efektif mencegah risiko kanker payudara dan usus besar. Situs BandarQ


Kandungan antioksidan pencegah kanker ternyata juga ditemukan pada kulitnya. Penelitian dari Malaysia menunjukkan bahwa kulit mangga mengandung zat polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E dan berbagai senyawa aktif lainnya yang berpotensi sebagai terapi antikanker yang lebih kuat daripada daging buahnya sendiri.

5. Meredakan sembelit


Dalam sebuah studi yang meneliti orang dengan sembelit kronis, makan buah ini ternyata lebih membantu daripada makan makanan berserat seperti gandum.


Penting untuk dicatat bahwa mangga adalah makanan utama dari diet FODMAP. Diet ini adalah diet yang menghindari makanan yang dapat memicu gas dan kembung pada orang IBS.

6. Membantu mencegah sakit jantung


Kandungan serat, kalium dan vitamin pada buah ini sudah lama diketahui dapat menangkal penyakit atau masalah pada jantung. Pasalnya, kenaikan asupan kalium akan sebanding pula dengan penurunan zat sodium dalam tubuh.


Nah jika Anda mengonsumsi cukup asupan buah manis ini dalam sehari, hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya masalah penyakit jantung. PROAKUN

7. Membantu menurunkan berat badan


Apabila buah mangga dimakan dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, lho! Sebab kulit buah kuning ini mengandung zat fitokimia yang juga berfungsi sebagai penghilang lemak alami.


Sedangkan dagingnya mengandung banyak serat yang bisa memunculkan perasaan kenyang lebih lama. Saat makan buah atau sayuran berserat tinggi, Anda tidak akan merasa cepat kelaparan. Itu kenapa makan makanan berserat tinggi bisa mencegah Anda makan makanan berlebih yang malah bisa bikin berat badan susah turunnya.

Tips memilih dan mengolah buah mangga


Saat memilih buah mangga yang bagus, jangan dinilai berdasarkan warna buahnya. Di Indonesia kebanyakan buah ini warna luarnya hijau, namun ada juga yang luarnya berwarna kuning atau merah. 

Pilih yang buahnya segar dan matang dengan cara ditekan sedikit dari luar. Buah yang matang tidak keras, melainkan terasa cukup empuk. Hindari buah-buahan dengan banyak bintik-bintik hitam di kulitnya.

Tidak apa untuk membeli mangga yang masih mentah. Anda bisa simpan dalam keadaan kering di suhu ruang, tapi jauhkan dari sinar matahari, untuk menunggunya matang alami. Jangan simpan mangga mentah dalam kulkas. Saat buah sudah matang, simpan dalam kantong plastik dan taruh di kulkas selama 2-3 hari agar tidak cepat busuk.


Mengonsumsi buah mangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga tidak salah menjadikannya buah favorit.

Baca Juga - Boleh Dicoba, 3 Trik Untuk Membuat MR P Terlihat lebih Gagah



Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com