Wednesday, September 6, 2023

5 Jenis Ikan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Kaya Omega-3

renew22 -  Bicara soal menjaga kesehatan jantung, pola makan kaya asam lemak esensial omega-3 menjadi salah satu rekomendasi utama. Menurut Harvard Health Publishing, omega-3 berfungsi mencegah pembentukan plak di dinding pembuluh darah arteri yang merupakan faktor penyebab serangan jantung dan stroke.

Nutrisi satu ini dapat ditemukan melimpah dalam ikan, lho. Tak heran, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan konsumsi ikan sebanyak dua kali dalam seminggu. Banyak jenis ikan yang mengandung tinggi omega-3 yang bisa kamu konsumsi.

SITUS TERPERCAYA

1. Salmon

Salmon akan langsung terlintas di kepala saat bicara soal makanan sumber omega-3. Dilansir Healthline, salmon termasuk salah satu ikan yang mengandung tinggi omega-3 dan juga dipadati nutrisi lain, seperti vitamin D, selenium, dan vitamin B kompleks. Ikan satu ini juga sangat lezat diolah menjadi hidangan apa pun. Mulai dari sushi, sashimi, hingga steak.

Orang-orang yang mengonsumsi ikan berlemak, seperti salmon, secara rutin diketahui berisiko rendah untuk mengalami penyakit kronis, seperti penyakit jantung, demensia, bahkan depresi. Hal tersebut dilaporkan sebuah studi yang terbit dalam Nutrients pada 2020.

GAME HOKI BANDARQ

2. Makerel

Ikan satu ini juga termasuk makanan sumber omega-3 yang baik, lho. Bahkan kandungan omega-3 per 100 gramnya lebih besar 213 persen dibandingkan salmon, seperti dijelaskan laman Healthline. Kandungan vitamin B12 dalam makerel juga sangat tinggi, sehingga dapat memenuhi 500 persen kebutuhan hariannya. 

Menariknya, makerel cenderung memiliki kadar merkuri yang lebih rendah dibandingkan ikan besar lainnya. Makerel juga mempunyai cita rasa yang lezat walau diolah dengan cara yang simpel.

SITUS GACOORRR

3. Sarden

Sarden mungkin terlihat kecil, tetapi jangan anggap sepele nutrisinya. Melalui Webmd, seorang dietisien teregistrasi, Julia Zumpano, RD, LD menjelaskan bahwa sarden merupakan sumber omega-3 yang sangat baik. Ini menjadikan sarden sebagai salah satu ikan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, sarden juga mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin D, dan kalsium. Ketiganya baik untuk kesehatan tulang. Namun, sarden biasanya hadir dalam kemasan kaleng dan dikenal mengandung tinggi natrium serta lemak. Karena itu, perhatikan kandungan kedua zat gizi tersebut agar konsumsinya tak berlebihan, ya!

4. Ikan anchovy

Jangan remehkan juga kecilnya ikan anchovy, sejenis ikan teri yang mengandung tinggi omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 dalam anchovy dapat membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol, mengurangi peradangan, dan memelihara fungsi jantung yang optimal. 

Kabar baiknya, ikan ini mudah ditemukan dan bisa diperoleh dengan terjangkau. Cita rasanya yang gurih dan lezat juga membuat ikan anchovy banyak digemari. Bahkan, ikan ini kerap menghiasai menu makanan keluarga Indonesia, lho.

5. Ikan kembung

Pangan lokal seperti ikan kembung juga diketahui kaya akan omega-3, lho. Menurut keterangan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ikan kembung memiliki omega-3 1,5 kali lipat lebih banyak dibanding ikan salmon. Padahal, harganya jauh lebih terjangkau.

Dengan mengonsumsi pangan lokal, kamu gak hanya ikut mendukung perekonomian lokal, tetapi juga turut membantu mengurangi jejak karbon. Dengan demikian, ini menjadi pilihan yang lebih berkelanjutan.

Daftar ikan sumber omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung di atas tak boleh kamu lewatkan. Di samping rutin mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3, kamu juga dianjurkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat, seperti mengadaptasi pola makan seimbang, aktif bergerak, serta mengelola stres. Olah ikan-ikan di atas dengan enak, ya! KLIK DISINI 

Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com