Monday, January 29, 2024

5 Kesalahan Menghangatkan Makanan yang Bikin Bakteri Berkembang

 renew22- Seringkali kita menyisakan makanan yang sedang dimakan lantaran perut keburu kenyang. Alhasil, karena sayang dibuang, makanan tersebut pun kita simpan lalu dihangatkan kembali saat akan dimakan lagi nanti.Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara menghangatkan sisa makanan dengan benar untuk menghindari berkembangnya bakteri. Alih-alih mengenyangkan perut, mengonsumsi makanan yang salah dalam proses menghangatkannya, bisa mengakibatkan masalah serius pada kesehatan.Kalau tak ingin mengalami hal serupa, sebaiknya kamu hindari lima kesalahan menghangatkan sisa makanan seperti yang akan dibahas di bawah ini. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kandungan nutrisi dalam makanan tetap terjaga.

RAJABANDARQ

1. Makanan dibiarkan di ruangan terbuka selama lebih dari 2 jam

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Kamu mungkin beranggapan, bahwa sisa makanan yang sudah dihangatkan kembali, memiliki kualitas yang sama seperti saat makanan tersebut baru selesai dimasak. Alhasil, tak menjadi masalah, jika kamu membiarkannya begitu saja di ruangan terbuka selama lebih dari 2 jam.Perlu kamu ketahui, bahwa makanan yang sudah dihangatkan ulang. Namun, ditinggalkan di dalam suhu ruangan selama lebih dari 2 jam dapat memicu munculnya bakteri berbahaya.Bakteri tersebut nantinya akan turut mengurangi jumlah nutrisi yang terkandung dalam makananmu. Oleh karena itu, saat sisa makanan selesai dihangatkan atau sudah siap dikonsumsi, pastikan kamu segera menghabiskannya, ya.

SITUSTERPERCAYA

2. Makanan tidak didinginkan sebelum dipanaskan

Jika kamu berniat menyimpan makanan untuk nanti dimakan lagi, terlebih dahulu kamu harus mendinginkan makanan tersebut. Jangan malah membiarkannya begitu saja di atas meja makan dalam keadaan terbuka. Namun, kamu harus menyimpannya di dalam kulkas.Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, pindahkan sisa makanan ke dalam wadah atau kotak makan. Setelah itu, barulah kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas selama kurang lebih 90 menit. Jika dirasa waktu tersebut terlalu lama, kamu bisa menggunakan wadah yang ukurannya tidak terlalu besar, supaya lebih cepat dingin.

DAFTAR DAN MAINKAN

3. Tidak memperhatikan suhu

Kesalahan paling umum selanjutnya yang banyak orang lakukan adalah tidak memperhatikan suhu kulkas. Asalkan suhu kulkas dingin, hal itu sudah cukup. Padahal suhu yang tepat untuk menyimpan makanan di dalam kulkas adalan 74 derajat Celsius. Penggunaan suhu yang tepat bisa membunuh bakteri berbahaya yang mungkin ada di dalam makananmu. Terutama untuk makanan-makanan yang rentan membawa penyakit, seperti telur dan daging ayam. Nanti setelah makanan dipanaskan, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 menit untuk menjaganya tetap aman dikonsumsi.


4. Tidak mengaduk makanan

Meninggalkan makanan yang sedang dihangatkan begitu saja, tanpa diaduk, juga merupakan kesalahan lain yang paling sering orang-orang lakukan. Padahal dengan mengaduk makanan yang sedang dihangatkan, hal itu akan membantu proses pemanasan lebih merata.Ketika tidak diaduk, maka akan ada beberapaa bagian yang masih dingin, hingga menyebabkan rasanya kurang nikmat saat disantap. Tak hanya mengurangi selera makan, tapi juga bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab penyakit. Jadi, jangan lupa mengaduk makanan di tengah proses menghangatkannya kembali, agar lebih aman untuk dikonsumsi.


5. Menghangatkan makanan lebih dari satu kali

Menghangatkan sisa makanan untuk dikonsumsi kembali tidak boleh dilakukan lebih dari satu kali. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan aturan tersebut. Mereka mengira menghangatkan makanan hingga berulang kali itu akan baik-baik saja.Padahal, kesalahan sepele ini bisa membahayakan kesehatan tubuh. Penyebabnya lantaran pergantian suhu berulang kali, mengakibatkan bakteri berbahaya tumbuh di makanan tersebut. Tak hanya itu saja, menghangatkan makanan berkali-kali juga akan mengakibatkan kualitasnya menurun.Coba ingat-ingat kembali, apakah lima kesalahan umum di atas juga sering kamu lakukan saat sedang menghangatkan makanan? Jika iya, sebaiknya mulai dari sekarang jangan lagi melakukan kesalahan tersebut dan praktikan cara menghangatkan makanan dengan benar, ya KLIK DISINI

Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com