Friday, May 29, 2020

Manfaat Dari Buah Sawo Yang Jarang Diketahui, Padahal Banyak Lho

Apa saja manfaat buah sawo untuk kesehatan?

Manfaat Buah Sawo Jarang Diketahui, Padahal Banyak Lho

Myrenew22 - Buah Sawo menjadi buah yang tidak mudah didapatkan di luar negeri, maka masyarakat Indonesia cukup beruntung bisa mengonsumsi dan mendapatkan buah ini cukup mudah. 

Di balik rasanya yang manis, buah ini ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Buah sawo kaya akan kandungan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, niasin, dan folat.


Tidak berhenti di situ, buah ini juga mengandung berbagai mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, selenium, dan fosfor.

Menariknya, sawo termasuk buah yang rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Dalam 100 gram buah sawo matang hanya menyimpan kalori sebanyak 83 Kcal (kilo kalori).


Buah ini menyimpan segudang khasiat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan, lho. Yuk, cari tahu informasi lengkap tentang manfaat sawo berikut ini dilansir RajabandarQ.

RajabandarQ: Situs Bandarq, DominoQQ, Poker Online


1. Melancarkan pencernaan


Kandungan serat dalam 100 gram buah sawo matang diketahui sebanyak 5,3 gram. Bisa dibilang, serat yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi. Kandungan serat dan tanin yang berlimpah dalam buah ini dapat membantu memperlancar sistem pencernaan Anda.

Tidak hanya bagus untuk kesehatan pencernaan Anda, asupan serat dari sawo juga dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, wasir alias ambeien, dan masih banyak lainnya.


Berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa serat dapat mencegah seseorang dari berbagai penyakit kronis di kemudian hari, seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker usus besar.

2. Membantu menurunkan berat badan


Sedang berjuang untuk mendapatkan berat badan ideal? Selain olahraga, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Salah satu buah yang bisa ditambahkan dalam menu diet harian Anda adalah sawo.

Kandungan serat dalam buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tanpa harus menambahkan banyak kalori ke dalam tubuh Anda. Alhasil, Anda jadi tidak cepat merasa lapar sehingga nafsu makan makan menurun dan Anda akan makan lebih sedikit. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.


Meski begitu, pastikan Anda tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Ingat, buah ini mengandung kalori dan fruktosa yang tinggi. Alih-alih mendapatkan berat badan yang ideal, kebanyakan mengonsumsi buah ini justru dapat menyebabkan gula darah naik. Jadi, konsumsilah sawo secukupnya. Lebih baik lagi jika Anda mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya. Situs BandarQ

3. Menangkal radikal bebas


Buah sawo mengandung banyak antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan sendiri merupakan molekul penting yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Anda bisa mendapat radikal bebas dari makanan, udara, bahkan dari reaksi tubuh Anda terhadap sinar matahari.

Jika dibiarkan terus menumpuk di dalam tubuh, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat. Radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer. 

Mengombinasikan buah ini dengan berbagai jenis buah lainnya yang juga kaya akan kandungan antioksidan merupakan cara terbaik untuk menangkal radikal bebas di tubuh.

4. Redakan demam dan radang


Penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pasicif Journal of Tropical Disease menemukan bahwa ekstrak daun sawo (Manilkara zapota) dapat memiliki sifat antiradang dan antipiretik yang membantu meringankan peradangan serta demam.

Sayangnya, penelitian ini dilakukan pada hewan tikus, sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas untuk benar-benar memastikan manfaat daun buah ini pada manusia.PROAKUN

Ingat, bahan-bahan alami tidak selalu pasti lebih aman. Bagi Anda yang mungkin sensitif terhadap komponen yang terkandung dalam sawo, mengonsumsi buah ini bukanlah hal yang tepat. 

Oleh sebab itu, selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan obat-obatan tertentu termasuk herbal untuk mengobati kondisi Anda.


Yuk, konsumsi dan dapatkan manfaat buah sawo untuk kesehatan. Dibuat jus untuk diminum sesering mungkin juga enak dan sehat. 

Baca Juga - Diyakini Obat Kanker, Mengkudu Tidak Boleh Dikonsumsi Orang Seperti Ini!



Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com