Tuesday, January 23, 2024

7 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan, Turunkan Risiko Kanker

 renew22-Buah naga merupakan buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain karena mudah ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan, buah naga juga terkenal akan khasiatnya yang melimpah.Buah naga mengandung zat gizi, antioksidan, dan senyawa bioaktif yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai beberapa khasiat buah naga bagi kesehatan. Yuk, disimak dengan cermat

RAJABANDARQ

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Tubuh manusia memiliki sel darah putih yang berguna untuk menghancurkan zat-zat berbahaya. Namun sel darah putih sendiri juga sangat mudah dirusak oleh radikal bebas yang ada di dalam tubuh.Maka dari itu, antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam buah naga dapat meminimalkan radikal bebas yang menjadi faktor penyebab kerusakan sel darah putih. Kemudian, sel darah putih yang dapat berfungsi dengan baik dapat mencegah infeksi penyebab penyakit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

DAFTAR DAN MAINKAN

2. Mengatasi tingginya kadar kolesterol jahat serta menjaga kesehatan jantung

Kandungan kolesterol jahat dalam tubuh manusia perlu diperhatikan dengan baik karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung. Mengonsumsi buah naga yang mengandung likopen, betalain, dan serat dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat serta menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.Selain itu, dilansir dari hellosehat, omega-3 dan omega-9 pada biji buah naga dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi jantung manusia.

RATE MENCAPAI 99%

3. Menurunkan risiko penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Selain itu, penyakit tersebut juga belum ditemukan obatnya hingga saat ini. Pencegahan sejak dini terhadap penyakit kanker perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah naga.Dilansir dari hellosehat, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa zat likopen yang terkandung dalam buah naga dapat menurunkan risiko terkena kanker, seperti kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker payudara.


4. Membantu menurunkan berat badan

Para pejuang badan ideal sangat dianjurkan untuk mengganti camilan dietnya dengan buah naga. Buah naga merupakan buah rendah kalori sehingga lebih aman digunakan untuk menunda rasa lapar yang datang sebelum waktunya daripada camilan yang digoreng atau keripik tinggi kalori. Buah naga yang kaya akan serat dan vitamin juga dapat memperlancar pencernaan ketika sedang diet. 


5. Mencegah gejala anemia

Manfaat buah naga selanjutnya adalah mencegah anemia. Anemia menyebabkan gejala-gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pusing, lemas, dan sering mengantuk adalah beberapa tanda seseorang mengidap anemia. Dibutuhkan zat besi yang cukup untuk mengatasi anemia.Zat besi tersebut nantinya akan membentuk hemoglobin di dalam darah, kemudian hemoglobin bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh sel di dalam tubuh. Nah, buah naga khususnya buah naga merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk mencegah penyakit anemia.


6. Meningkatkan kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang wajib dilakukan. Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting. Fungsi mata manusia yang menurun akan berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari. Misalnya mata minus, plus, dan silinder. Buah naga yang mengandung beta karoten, dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, zat tersebut dipercaya dapat menjaga kesehatan mata serta menurunkan risiko penyakit katarak.


7. Mengurangi risiko diabetes melitus

Manfaat mengonsumsi buah naga bagi kesehatan yang terakhir adalah membantu mengurangi risiko diabetes melitus. Buah naga mengandung indeks glikemik rendah sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus setiap hari. Serat yang terkandung dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh manusia. Berbagai zat yang terdapat dalam buah naga merupakan suatu hal  yang dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap hari. Tidak heran banyak sekali khasiat buah naga bagi kesehatan. Oleh sebab itu juga, buah naga menjadi buah yang sangat digemari masyarakat dari berbagai kalangan.KLIK DISINI

Share:

LIVE CHAT

Copyright © ASHLEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com